Upaya Keras Satgas Sektor 22 Sub 07 di Pembersihan Sungai Cisalatri
-->

Advertisement Adsense

Upaya Keras Satgas Sektor 22 Sub 07 di Pembersihan Sungai Cisalatri

60 MENIT
Selasa, 25 Juli 2023

Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 07 bersama anggota DSDABM dalam perawatan Sungai Cisalatri Cipadung Kidul, Selasa 25/07/2023 (zhovena)


60MENIT.co.id, Bandung | Anggota Satgas Citarum Harum Sektor 22 Subsektor 07 dipimpin Serma Abdulloh Fauzi menggiring anggotanya dalam pembersihan Sungai Cisalatri di wilayah RW.13 Kelurahan Cipadung Kidul Kecamatan Panyileukan Kota Bandung, Selasa 25/07/2023.


Sungai Cisalatri sedang dalam pengerjaan normalisasi oleh DSDABM Kota Bandung, menggunakan satu armada alat berat Mini Std, sehingga perlu pendampingan personil untuk perapihan, pembersihan dan maksimalisasi kondisi area sungai. 


"Normalisasi yang dimaksud adalah pengerukan pendangkalan sungai oleh sedimentasi yang ada, ini menggunakan alat berat Mini satu armada, namun untuk perapihan sisa-sisa sedimentasinya jelas kita kerjakan secara manual, termasuk pembersihan rumput liar," jelas Serma Abdulloh Fauzi.


Sebelum Sungai Cisalatri dibersihkan.


Fasilitas area sungai lebih ke bantaran Sungai Cisalatri yang ada di wilayah ini tidak bisa menampung kendaraan alat berat, sehingga menggunakan alat berat paling kecil (mini std) untuk melakukan pengerukan sedimentasi sungai yang sudah mulai pendangkalan sungai. 


Serma Abdulloh Fauzi mengatakan, giat normalisasi Sungai Cisalatri sampai saat ini terlaksana pengerukan sedimentasi serta pembersihan rumput liar sepanjang 200 M, terangkut sebanyak 54 kubik diangkut 6 rit oleh dump truk kapasitas 6 kubik, sampai saat ini giat masih berlanjut.  


Satgas Citarum Harum Sektor 22 Subsektor 07 setelahnya melanjutkan tugasnya di area ketahanan pangan, yaitu di wilayah Cimekar Kecamatan Cileunyi. 


Sungai Cisalatri setelah dibersihkan.


"Di area ketahanan pangan kita melakukan perawatan tanaman yang sudah tumbuh hasil tanam mandiri oleh kita, yaitu terdiri tanaman keras produktif dan ada sebagian kecil tanaman sayuran yang kita tanam di sini, tujuannya adalah mengembangkan ketahanan pangan untuk membantu warga di sekitar lingkungan setempat," ujar Serma Abdulloh Fauzi. 


Sebagai Satgas Citarum Harum di Sektor 22 masif melakukan komunikasi sosial kepada masyarakat banyak, yaitu mengedukasi warga supaya berjiwa tertib dalam menjaga kebersihan. Capaian ini bertujuan untuk menciptakan kembali kebersihan sungai dan lingkungan terbebas dari pencemaran segala macam jenis limbah. 


"Komunikasi sosial kita menemui kelompok warga yang sedang ada waktu untuk diskusi, ini kita lakukan secara door to door bertemu langsung dengan masyarakat dan bertatap muka, disini kita melakukan sosialisasi edukasi membentuk perilaku warga yang tertib dalam mengelola sampah," tutup Serma Abdulloh Fauzi. 


(zho)