Respon Cepat Cegah Banjir, Kodim 1414/Tator Bersama Instansi Terkait Bersihkan Saluran Air
-->

Advertisement Adsense

Respon Cepat Cegah Banjir, Kodim 1414/Tator Bersama Instansi Terkait Bersihkan Saluran Air

60 MENIT
Jumat, 08 Desember 2023

Semua anggota Kodim 1414/TANA TORAJA sedang karya bakti pembersihan saluran (sal)


60MENIT.co.id, Toraja | Dalam menghadapi potensi banjir pada musim penghujan, personil Kodim 1414/Tator, Personil Polres Torut dan Instansi pemerintah yang ikut menunjukkan kolaborasi dan koordinasi yang luar biasa dengan gotong-royong membersihkan saluran air di Terminal Bolu, Kelurahan Tallunglipu Matallo, Kec. Tallunglipu, Kabupaten Toraja Utara, Jumat 08/12/2023 


Kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian TNI/Polri dan Pemda untuk membersihkan saluran air agar tidak menimbulkan terjadi nya banjir di musim penghujan tiba, dengan kegiatan ini, mereka berhasil meminimalisir dampak yang muncul akibat musim hujan, seperti banjir, tanah longsor, dan jentik nyamuk akibat saluran yang tidak lancar. 


Personil Kodim 1414/Tator dan Polri bersama Pemda bahu membahu membersihkan saluran air, mengatasi tumpukan sampah, rumput, hingga lumpur yang terakumulasi di dalam saluran air. 


Kasdim 1414/Tator, Mayor Inf Oberan Tandirerung, mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan respon cepat terhadap dampak hujan lebat di wilayah Kabupaten Toraja Utara. TNI/Polri, dan Pemerintah Daerah, bersatu untuk membersihkan saluran air yang tersumbat. 


Kerjasama dengan berbagai elemen


Karya bakti dilakukan karena terlihat banyaknya tumpukan sampah, ranting, dan dahan yang menyumbat saluran air, yang sebelumnya menyebabkan banjir di Area sekitaran Terminal Pasar bolu. 


"Apalagi akhir tahun ini intensitas hujan yang disertai angin kencang sangat tinggi, hampir setiap sore hari turun hujan di Toraja." Pungkasnya. 


Ia mengimbau agar para warga tetap waspada terhadap perubahan cuaca yang dapat berubah setiap saat, mengurangi bepergian yang kurang penting saat cuaca hujan, dan menjaga kebersihan serta tidak membuang sampah di sembarang tempat yang dapat menyebabkan tersumbatnya saluran air dan berpotensi menyebabkan banjir." Tutup Kasdim.   


 (*/sal)