Dikonferensi Pers Airlangga Akui Tak Ada Mahar Politik Untuk Maju Pilkada 2024, JRM : Saya Salahsatu yang Akan Diusung Partai Golkar
-->

Advertisement Adsense

Dikonferensi Pers Airlangga Akui Tak Ada Mahar Politik Untuk Maju Pilkada 2024, JRM : Saya Salahsatu yang Akan Diusung Partai Golkar

60 MENIT
Minggu, 07 April 2024

JRM saat Foto Bersama Ketua Umum Partai Golkar didampingi Ketua DPRD Tana Toraja, Welem Sambolangi (redaksi 60menit.co.id)


60MENIT.co.id, Tana Toraja | Konferensi pers Ketua Umum (Ketum) Partai Golkar Airlangga Hartarto, usai kegiatan Silaturahmi dan Pengarahan Ketua Umum DPP Partai Golkar kepada Bakal Calon Kepala Daerah (Bacakada)/Bakal Calon Wakil Kepala Daerah (Bacawakda) Kader Partai Golkar pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2024. 


Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto mengaku tidak ada mahar politik dalam menentukan nama-nama yang akan maju sebagai calon kepala daerah pada Pilkada 2024 nanti. 


Dibandingkan dengan mahar politik, Airlangga justru meminta kepada seluruh calon kepala daerah dari Partai Golkar untuk menyentuh langsung masyarakat. 


Menurutnya, cara ini lebih efektif dari pada harus memberikan mahar politik ke partai. Bahkan ini juga menjadi kebijakan dari Partai Golkar. 


Ketua umum, Airlangga Hartarto di DPP Partai Golkar, Slipi, Jakarta Barat, Sabtu, 6 April 2024, menyampaikan Kebijakan Partai Golkar tadi kami sampaikan bahwa Partai Golkar tidak menggunakan mahar.


Selain itu, tambah Airlangga, para calon kepala daerah juga akan dievaluasi terkait progresnya agar dapat dikerucutkan dan ditentukan pantas atau tidaknya maju di Pilkada.


Adapun evaluasi tersebut juga akan dilakukan sebanyak tiga tahapan, yang mana evaluasi pertama akan dilakukan pada Mei 2024 mendatang. 


"Nama itu nantinya akan dikerucutkan dalam tiga kali survei ke depan, salah satunya survei awal bulan Mei, ada di bulan Juli dan bulan Agustus," kata Airlangga Hartarto.


"Tentu juga dibahas dengan kesiapan saksi-saksi untuk nanti pada tahapan-tahapan Pemilu," sambungnya.


Soal Koalisi, lanjut Airlangga, pihaknya tetap akan mendahulukan Koalisi Indonesia Maju yang sebelumnya sama-sama mendukung pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka. 


Adapun Koalisi Indonesia Maju sendiri merupakan koalisi gemuk yang terdiri dari Partai Golkar, Gerindra, PAN, Demokrat, PBB, Gelora, Garuda dan PSI.


Sementara John Rende Mangontan (JRM), Anggota Dewan Provinsi Sulawesi Selatan pada Awak Media ini mengatakan, Kehadiran saya di Kantor DPP Partai Golkar pada tgl 6 April 2024 jam 15.00 karena saya diundang dari Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu) DPP Golkar,  DR. Ahmad Doly Kurniawan Tanjung untuk mengikuti Pengarahan semua calon Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati dan Walikota dan Wakil Walikota se- Indonesia.


"Jumlah Peserta sekitar 1.200, termasuk saya sendiri yang akan maju sebagai calon Bupati Tana Toraja Periode 2024 - 2029", Ucap JRM.


Masih Kata JRM, Inti dari arahan tersebut digaris bawahi bahwa belum ada Calon Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati serta Walikota dan Wakil Walikota yang pasti diusung Partai Golkar.


Team survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC), dari Partai Golkar yang akan mengukur elektoral Cakada yang diusung Partai Golkar      


(oki-ji)