Sub 12-22, Fenomena Pembersihkan Sungai Cikapundung Sepanjang 800M

Advertisement

Sub 12-22, Fenomena Pembersihkan Sungai Cikapundung Sepanjang 800M

60 MENIT
Senin, 16 September 2019

60Menit.co.id - Satgas Citarum Sub 12-22 (Peltu Ade Sukmana) ketika pembersihan Sungai Cikapundung wilayah Kelurahan Babakan Ciamis, Senin (16/09/2019)

60MENIT.CO.ID, Bandung - Satgas Citarum Harum Sub 12-22 dipimpin oleh Peltu Ade Sukmana, melaksanakan pembersihan Sungai Cikapundung, Kelurahan Babakan Ciamis Kecamatan Sumur Bandung, Senin (16/09/2019)

Dikatakan Ade Sukmana, "Kami sub 12-22, bersama anggota, Pratu Erwin, Sertu Dahlan, Sertu Suparman, Serda Deden dan di bantu gober kelurahan membersihkan sungai cikapundung sepanjang 800 meter dan berhasil menarik sampah hingga sebanyak 750 kg" katanya.

60Menit.co.id
Sungai Cikapundung merupakan sungai besar dan panjang yang melintasi dari utara Lembang hingga Kota Bandung bermuara ke Sungai Citarum, dulu menjadi kebanggaan warga Kota Bandung sampai di kenang lewat sebuah lagu Cikapundung Walungan di Kota Bandung.

Lain dulu lain sekarang Sungai Cikapundung sudah tercemar oleh limbah pabrik maupun limbah domestik ditambah kotoran hewan (Kohe), sejak di terbitkan perpres No.15 Tahun 2018  satgas citarum menjadi motor penggerak untuk menindak dan pengawasannya selama 7 tahun. 

Cikapundung merupakan bagian yang dijaga Dansektor 22 (Kolonel Inf. Asep Rahman Taufik) salahsatunya di subektor 12 yang melintasi daerah Kelurahan Babakan Ciamis Kecamatan Sumur Bandung.

60Menit.co.id
Menurut Peltu Ade Sukamana, menyampaikan ketika memimpin apel sebelum kegiatan, "Jaga keselematan kerja dalam bertugas, bekerja dengan ketulusan dan penuh keiklasan, kita mengabdi untuk masyarakat” ucapnya.

"Selain beberesih sungai subsektor 12-22 melakukan sosialisasi (Komsos) kepada masyarakat, serta mengajak masyarakat agar membiasakan diri menjaga lingkungan dan mensinergikan dengan program Kota Bandung yaitu Kang Pisman" tutup Ade. 

(Zho-Jpch)