Kolonel Amir, Bekerja Serius Emban Amanat Perpres 15-2018
-->

Advertisement Adsense

Kolonel Amir, Bekerja Serius Emban Amanat Perpres 15-2018

60 MENIT
Kamis, 31 Oktober 2019

60Menit.co.id - Satgas Sektor 09 Bersihkan Sedimentasi Sungai Cipeusing, Kamis (31/10/2019)

60MENIT.CO.ID ☐ Permukaan air Sungai Cipeusing yang tampak kehitaman karena sedimen lumpur industri yang sudah menahun lamanya, mengendap dibagian bawah anak sungai menjadi perhatian serius Dansektor 9 (Kolonel Inf. Amir Mahmud).

Satgas Dansektor 9 Citarum Harum bersama masyarakat dan penggiat lingkungan, turun bahu membahu membersihkan anak sungai yang sudah penuh oleh rumput liar dan sedimen lumpur, Bandung Barat,  Kamis (31/10/2019)

"Anak Sungai ini panjangnya sekitar 2.5 km, dan terlihat sangat tidak terawat, anak sungainya nyaris tertutup oleh semak belukar" Kata Kol Inf Amir Mahmud.

"Sudah berjalan dua hari satgas sub sektor Batujajar bersama warga dan penggiat lingkungan turun mengangkat sedimen, supaya airnya tidak terlihat hitam, karena sedimen ini sudah mengeras diakibatkan dari limbah Pabrik Textil yang tidak diolah dengan baik sehingga mencemari lingkungan," Tambahnya.

Selain mengangkat sedimennya, menurut Kol Inf Amir, pembersihan Sungai Cipeusing juga merupakan langkah mengantisipasi datangnya banjir musim penghujan" imbuhnya

Ketika ditanya dengan kondisi anak sungai lainya selain Cipeusing, Dansektor 9 mengatakan bahwa seluruh anak sungai yang berada di sektor 9 akan dinormalisasi.

"Inilah gunanya kita  mengajak  masyarakat, agar mereka turut serta dalam kegiatan Operasi Citarum Harum, guna mengatasi kerusakan dan pencemaran lingkungan khususnya di anak anak sungai yang nantinya akan berpengaruh terhadap kondisi Citarum secara keseluruhan, kita bekerja serius untuk mengemban amanat Perpres no 15 tahun 2018," Tuturnya.

Pantauan Media dilokasi kegiatan, sungai Cipeusing dipenuhi oleh rumput liar, satgas dan relawan harus bekerja keras mengatasi rumput liar dengan cara memotong  serta mengangkat sedimen lumpur.

60Menit.co.id
Ditambahkan Dan SSK sektor 9 (Lettu Nur Ananto) bahwa sedimen lumpur dan rumputnya akan diangkut dari lokasi dan untuk selanjutnya dibuang ke tempat yang sudah disiapkan oleh Satgas.

"Jarak angkutnya lumayan jauh, karbak hari ini mengambil lokasi yang cukup sulit, dikarenakan lokasinya berada dibelakang bangunan Pabrik pabrik yang sangat tidak beraturan, bisa dilihat sendiri " ucap Lettu Nur Ananto.

Ia pun mengatakan bahwa target karbak yang dilaksanakan di Sungai Cipeusing akan dilaksanakan  dalam waktu yang tidak ditentukan, kita berpatokan kepada hasil akhirnya  yaitu sampai seluruh sedimentasi lumpur nya bersih.

(**)