Dinas Pertanian Kabupaten Garut Menyelenggarakan Festival Kopi 2019
-->

Advertisement Adsense

Dinas Pertanian Kabupaten Garut Menyelenggarakan Festival Kopi 2019

Wak Puji
Sabtu, 07 Desember 2019

Bupati Garut Rudy Gunawan memberikan sambutan pada pemukaan Festival Kopi 2019
60MENIT.COM - Cuaca di kabupaten Garut memang sedikit mendukung, selain mendung yang mengakibatkan suhu kota Garut serasa teduh dan sejuk, malah menjelang sore turun hujan rintik yang membangkitkan gairah untuk menikmati hangatnya secangkir kopi atau teh.

Dinas Pertanian Kabupaten Garut mengadakan Festival Kopi terbesar tahun 2019 yang betempat di halaman Gedung Pendopo Kabupaten Garut yang dilaksanakan hari sabtu samapai dengan minggu (7-8/12/2019).

Kehadiran festival produk unggulan Garut ini dijamin akan dapat memberikan sensasi tersendiri bagi para penikmat kopi. Di kawasan festival kopi anda akan dimanjakan dengan suguhan aneka ragam olahan kopi yang dapat mencairkan suasana dan jelas memberi kehangat pada tubuh saat rintik hujan mengguyur kawasan kota intan ini.

Hadir dalam acara Pembukaan Bupati Garut H Rudy Gunawan, Kapolres Garut AKBP Dede Yudi Ferdiansah, Dandim 0611/ Garut Letkol Inf Erwin Agung TWA, Ketua Koni Garut Abdusy Syakur Amin, para Kepala SKPD, Para Camat, para pengusaha kopi dan tamu undangan.

Dalam sambutannya Bupati mengatakan, produk hasil bumi kopi di kabupaten Garut sangat meningkat, serta menjadi peluang industri yang baik bagi pengembangan perekonomian petani kopi kabupaten Garut.

” Acara Festival Kopi Garut ini merupakan satu usaha Pemkab Garut beserta petani, stake holder dan Asosiasi Pengusaha Kopi kabupaten Garut serta Buyer yang akan datang dari luar daerah untuk menjajaki kenikmatan kopi kabupaten Garut” kata Bupati Garut.

” Tentunya melalui kegiatan ini diharapkan dapat menciptakan jaringan antara petani, dengan kalangan industri, supaya kopi yang ada dikabupaten Garut benar – benar kopi yang bisa meningkatkan kesejahteraan petani kopi, insya allah dengan kegiatan ini diharapkan pula petani juga bila lebih meningkatkan bukan hanya menjual cerry, tetapi bisa mengolah dan mempacking sehingga packingan itu bisa meningkatkan harga kopi itu sendiri” harap Bupati Rudy.

Bupati Garut menikmati Kenikmatan Kopi khas Kabupaten Garut

Terakhir Bupati menyampaikan apresiasinya kepada Dinas Pertanian kabupaten Garut yang telah menggelar acara festival kopi Garut ini.
Lain pihak menurut Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Garut Beni Yoga Guna Santika dihadapan wartawan, Festival Kopi Garut diharapkan mampu menjadi momen penting kebangkitan kopi asal Garut ke depan.
“Kami mengusung tema ‘Wancina Ngopi Suruput Kopi Garut’, sebagai semangat kebangkitan kopi Garut,”Kata Beni kepada sejumlah wartawan, Sabtu (7/12/2019).
Ia menyebut festival kopi yang dihelat dinasnya tersebut  dihadiri sekitar 250 kelompok petani kopi, yang berasal dari 28 kecamatan penghasil kopi di Garut.
“Di dalamnya ada kompetisi kopi dan minum kopi gratis bagi masyarakat,” ujarnya.
Beni menjelaskan bahwa saat ini produk kopi asli Garut telah menembus pasar kopi global, salah satunya ke pasar Taiwan dan Cina.
“Total sekitar 125 ton biji kopi Garut, dikirim ke dua negara Asia Timur tersebut. Kami akan terus bekerjasama dengan petani kopi, agar produksi kopi kita untuk ekspor terus meningkat,” katanya.
Seiring meningkatnya pamor kopi asal kota intan ini, lanjut Beni pihaknya akan terus berupaya mengembangkan sayap lahan produksi kopi Garut agar lebih besar lagi, hingga mencakup 42 kecamatan.

“Sedangkan saat ini produksi kopi Garut baru tersebar di 28 kecamatan dengan luasan lahan produksi kopi mencapai 6.000 hektar.  “Kami berharap produk kopi Garut lebih mendunia, sehingga bisa meningkatkan perekonomian petani Garut,” tukasnya. (djie)