Ada yang unik peringati HUT RI 75 di Desa Girijaya kecamatan Kersamanah Garut
-->

Advertisement Adsense

Ada yang unik peringati HUT RI 75 di Desa Girijaya kecamatan Kersamanah Garut

Wak Puji
Senin, 17 Agustus 2020


60menit.com, Garut - Perayaan HUT RI ke 75 tahun, warga Desa Girijaya, Kecamatan Kersamanah, Kabupaten Garut, Jawa Barat, merayakan hari kemerdekaan dengan manghias seluruh perkampungan dan setelah mengikuti upacara menggelar makan bersama sebagai bentuk puji syukur dengan bertambahnya usia NKRI.

Tidak hanya memasang bendera merah putih disepanjang jalan,bmasyarakat kampung Kamasri, memasang umbul umbul dan menghias gapura kampung dan mengecat dengan warna merah putih 

Jejen selaku Ketua RW kampung Kamasri dan warga sangat antusias menyambut perayaan HUT RI 75, Meskipun di Indonesia sedang di landa pandemi covid 19. Namun tetap semangat dan antusias menyambut perayaan kemerdekaan.

"Meskipun hari kemerdekaan sedang di landa pandemi covid 19 kita bersama masyarakat tetap semangat untuk menghias kampung, dengan memasang bendera sebanyak 1000 bendera di setiap pinggir jalan perkampungan," katanya Senin (17/8/2020).

Menghias perkampungan, kata Jejen, sudah tradisi kampung kami setiap bulan agustus. kampung di hias khas kemerdekaan republik Indonesia, karna kami sangat menghargai parah pahlawan yang memerjuankan republik indonesia ini.

"Ini kesadaran masyarakat kampung Kamasri, karena kita selaku masyarakat menghargai dan kita pun tidak ikut memperjuangkan bangsa Indonesia," ujarnya.

Berdasarkan pantauan usai menyadari upacaya perayaan HUT RI Ke 75, warga langsung menggelar makan bersama diatas daun pisang. Hal ini menandakan kebersamaan dan mensyukuri nikmat.

Sementara Kepala Desa Girijaya, Ujang Saprudin, mengakan, tradisi makan bersama diatas daun singkong, sudah dilakukan sejak nenek moyang. Yang mana mengingatkan kembali terhadap para pahlawan yang telah berjuang dalam memerdekakan NKRI.

"Merdeka sangat terasa oleh seluruh masyarakat, dengan mensyukuri dengan makan bersama," singkatnya.