Berbondong-bondong Kader DPC PDI Perjuangan Garut Antusias Ikut Donor Darah.
-->

Advertisement Adsense

Berbondong-bondong Kader DPC PDI Perjuangan Garut Antusias Ikut Donor Darah.

Frisca Friskilla
Sabtu, 15 Agustus 2020


Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Garut Yudha Puja Turnawan mendonorkan darah (photo: Wak puji)

60menit.com, Garut - DPC PDI Perjuangan Kabupaten Garut dalam rangka HUT RI ke 75  dan membantu PMI Garut untuk stock darah yang semakin menipis akibat kurangnya pendonor yang mendonorkan darahnya dimasa pandemi covid-19 menggelar kegiatan donor darah. Di Kantor DPC PDI Perjuangan Kabupaten Garut, Sabtu (15/8/2020).

Sejumlah kader, fungsionaris, simpatisan partai, dan awak media ikut meramaikan aksi donor darah yang di selenggarakan DPC PDI Perjuangan Garut dalam rangka HUT RI ke 75 Tahun 2020.

Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Garut Yudha Puja Turnawan mengajak seluruh lapisan masyarakat kabupaten Garut turut berpartisipasi 

“Kegiatan bakti sosial Donor darah ini selain memperingati HUT RI Ke-75, juga bentuk kepedulian kita terhadap PMI kabupaten Garut yang sekarang ini sangat minim stok darah dikarenakan situasi Pandemi Covid-19,” ucapnya.

Peserta Donor Darah menunggu panggilan dan menggunakan protokol kesehatan

Berdasarkan data yang diterima dari PMI Garut bahwa penderita talasemia di Kabupaten Garut sebanyak 286 orang yang sangat membutuhkan darah, sedangkan stock darah di PMI Cabang Garut tidak sebanding antara kebutuhan dan stock darah yang ada di PMI Cabang Garut.

“Banyak sekarang ini yang membutuhkan Darah, stok darah minim yang membutuhkan banyak, apalagi yang paling membutuhkan darah saat ini orang yang menderita penyakit Talasemia, karena penyakit ini kelainan darah bawaan yang ditandai oleh kurangnya protein pembawa oksigen (hemoglobin), dan jumlah sel darah merah dalam tubuh yang kurang dari normal,” kata Yudha.

Kegiatan donor darah yang di adakan DPC PDI Perjuangan Kabupaten Garut kali ini tidak akan berhenti disini saja, kegiatan donor darah ini akan direncanakan program berkelanjutan program kegiatan kedepan.

“Saya berharap kegiatan ini tidak untuk saat ini saja, tapi ke depan nya kita akan prioritaskan, agenda ke depan nanti ada seperti pengobatan gratis nah kita akan sisipkan juga kegiatan Donor Darah, agar darah yang ada di PMI Garut stock darah nya selalu ada disaat ada yang membutuhkan,” tambah yudha.

Ketua DPC PDI Perjuangan Garut berfoto bersama petugas PMI Garut

Ketua Badan Saksi Pemilu Nasional (BSPN) DPC PDI-Perjuangan Garut di tempat berbeda Mugi Satria, SE mengatakan bahwa kegiatan Bhakti sosial donor darah yang diselenggarakan yang pertama kali ini sangat cukup memuaskan.

"kegiatan donor darah yang diselenggarakan ini allhamdulillah selain didukung oleh DPC PDI Perjuangan Garut, peserta kegiatan ini juga ada yang dari daerah Cibatu dari Garut selatan juga ada kebetulan datang dan Alhamdulillah juga organisasi-organisasi kepemudaan lain untuk mendukung juga acara ini dan support sekali ambil targetnya kita ingin menyumbangkan darah ke PMI yang mudah-mudahan bisa digunakan oleh masyarakat luas di Kabupaten Garut yang khususnya bagi orang-orang yang membutuhkan darah," ungkapnya.

Kegiatan Donor Darah yang diselenggarakan DPC PDI Perjuangan Kabupaten Garut bekerjasama dengan PMI Cabang Garut menghasilkan 46 labu.

"Saya atas nama PMI Cabang Garut mengucapkan banyak terima kasih kepada jajaran pengurus DPC PDI Perjuangan Kabupaten Garut yang telah mengadakan kegiatan donor darah, semoga kegiatan donor darah ini tidak hanya pada kegiatan ini saja, semoga kegiatan donor darah yang di selenggarakan DPC PDI Perjuangan Kabupaten Garut akan terus berkelanjutan," kata Agus Koswara, S.Ip Manager Kendali Mutu UDD PMI Garut.