Masih Bercutat Pada Tujuan Citarum Harum, Satgas Sektor 22 Sub 10 Melakukan Pengawasan dan Pembersihan Sungai
-->

Advertisement Adsense

Masih Bercutat Pada Tujuan Citarum Harum, Satgas Sektor 22 Sub 10 Melakukan Pengawasan dan Pembersihan Sungai

60 MENIT
Sabtu, 16 Oktober 2021

60menit.co.id | Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 10 memberikan Sungai Ciparumpung, Sabtu (16/10/2021)


60MENIT.co.id, Bandung | Setiap hari satgas Citarum Harum Sektor 22 masif pada pembersihan sungai. Seperti sub 10 yang dipimpin Serka Rudi Irawan membawa anggotanya untuk membersihkan Sungai Ciparumpung bertempat di Antapani Kulon Rw 01, Sabtu (16/10/2021).


Satgas Sektor 22 bersepakat pada aksi pembersihan sungai merupakan edukasi mental kepada masyarakat dan aparatnya. Sehingga tidak ada henti melakukanya setiap hari.


"Aksi ini sudah menghasilkan rasio, terlihat di paradigma masyarakat saat ini tidak ditemukan yang membuang sampahnya ke sungai, tapi kita juga tidak menghentikan pengawasannya, dengan tujuan prilaku ini supaya berkelanjutan," kata Rudi.


Kewaspadaan dalam pemantauan sungai terus ditingkatkan oleh Satgas Citarum Harum Sektor 22, sebagai dasar pematangan edukasi kepada warga supaya lebih meningkatkan kedisiplinan dalam mengelola sampah yang benar.


Realisasinya bahwa satgas setiap hari melakukan patroli sungai di wilayah kerja masing masing. Bahkan jika kedapatan warga yang membuang sampah ke sungai akan dikenakan sanksi sosial supaya warga tersebut jera.


"Patroli sungai kami lakukan di sore hari, disaat warga sudah memiliki sampah hasil dari olah masak ataupun yang lainya, ketegasn kami selalu menegakkan termasuk pada mereka yang tidak memiliki Seftick Tank di rumahnya," ujar Rudi.



"Pengawasan sungai kami satupadukan pada pengawasan pembangunan Ipal Komunal di setiap bantaran sungai, guna untuk menghentikan masyarakat yang membuang tinjanya ke sungai," imbuh Rudi.


Pembangunan Ipal Komunal, satgas hanya mendorong kepada Pemerintah Daerah sebagai pengguna anggaran, yaitu sebagai pelayanan kepada masyarakat yang kurang mampu yang tinggal di wilayah padat bantaran sungai.


Satgas Citarum Harum Sektor 22 dalam upaya meningkatkan upaya kebersihan dan kesehatan sungai, melengkapi giatnya melalui Komunikasi Sosial dan melakukan pengecekan limbah terbuang oleh pabrik ataupun pelaku industri lainya.


(zho)