Masih Kotornya Sungai Cikapundung, Satgas Sektor 22 Sub 12 Mengukur Paradigma Warga Perkotaan
-->

Advertisement Adsense

Masih Kotornya Sungai Cikapundung, Satgas Sektor 22 Sub 12 Mengukur Paradigma Warga Perkotaan

60 MENIT
Rabu, 27 Oktober 2021

60menit.co.id | Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 12 membersihkan Sungai Cikapundung Kolot, Rabu (27/10/2021).


60MENIT.co.id, Bandung | Perawatan sungai di pilusat perkotaan sangat diutamakan oleh satgas Sub 12 Sektor 22 Citarum Harum, dipimpin Peltu Ade Sukmana satgas membersihkan Sungai Cikapundung Kolot wilayah RW 03 Kelurahan Merdeka Kecamatan Sumur Bandung, Rabu (27/10/2021). 


Pembersihan hanya 100 M sampah yang terangkat hingga 200 kg, menurut Peltu Ada Sukmana sebuah pembersihan yang luar biasa karena begitu banyak warga yang masih belum memiliki kadar kepedulian terhadap kebersihan lingkungan.


"Ini sebenarnya hal yang biasa kami temukan di setiap sungai wilayah kami, mungkin karakter masyarakat perkotaan sudah membudaya sikap yang kurang terpuji, atau mungkin dari para pedagang keliling yang menghasilkan sampah dan membuangnya sembarangan," kata Ade. 


Satgas Citarum Harum Sektor 22 telah melakukan sosialisasi tentang program Citarum Harum yang mengarah kepada pola hidup bersih dan sehat, dan ini merupakan jaminan kepastian prilaku yang baik dan benar bagi warga yang mesti dilakukan setiap hari.


Kayakinan ini mengacu kepada kebutuhan warga tentang perlunya hidup sehat bagi setiap rumah tangga, karena biaya sakit itu mahal dan mengalahkan biaya kebutuhan hidup sehari hari. 



Statement ini diungkapkan oleh masyarakat banyak yang terlontar ketika menghadapi sebuah penyakit yang dialami orang lain. 


"Sebenarnya mereka mengerti tentang perku hidup sehat, namun mungkin pengertiannya belum terlaksana. Terbukti pada pembersihan kali ini kita mengangkat sampah banyak dari sepanjang sungai 200 M," imbuh Ade.


Untuk mencegah bertambahnya paradigma masyarakat berprilaku tidak bagus, satgas setiap hari melakukan komunikasi sosial dengan tema Cita cita Program Citarum Harum yang dilengkapi dengan patroli sungai sebagai tolak ukur perkembangan progres pola hidup masyarakat.


(zho)