Benarkah Ada 'Jenderal' Di balik Pembangunan Terowongan PLTMH Ma'dong Di Torut? Begini Kata Humasnya
-->

Advertisement Adsense

Benarkah Ada 'Jenderal' Di balik Pembangunan Terowongan PLTMH Ma'dong Di Torut? Begini Kata Humasnya

60 MENIT
Jumat, 12 November 2021

60menit.co.id


60MENIT.co.id, Jakarta | Ada pernyataan menarik dilontarkan Staf Humas Pembangunan PLTMH (Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro) Ma'dong, Marthen Buntu. Lewat perbincangan yang direkam 13 Agustus 2021 lalu, Sosok Purnawirawan Polri ini, mengatakan, dibalik pembangunan PLTMH tersebut ada Jenderal. "Jenderal semua di belakangnya perusahaan ini, bintang-bintang semua di belakangnya," ungkapnya dengan nada meninggi. 



Hal tersebut diungkapkan Marthen di Kantor Administrasi PLTMH Ma'dong, Kecamatan Dende Piongan Napo (Denpina), Toraja Utara. Marthen bahkan tidak segan menyebut nama salah satu Jenderal Polisi yang kini sudah purnawirawan. Awak media sempat menegur Marthen untuk tidak sembarang menyebut nama tanpa bukti. "Tidak juga itu bukan rahasia lagi. Bukan rahasia lagi yang begitu," responnya.



Namun Marthen menambahkan, terkait jenderal, untuk pekerjaan terowongan. "Tapi sudah pulang tenaga kerjanya. Kan ada dua macam yang borong, Cina dan Jawa (orang Sunda). Cuma mereka bilang Jenderal di belakangnya ini. Jadi saya jelaskan yang saya tahu bahwa Jenderal di belakangnya," terangnya. Diketahui, Pembangunan PLTMH Ma'dong masih bermasalah. Selain soal lahan masyarakat, masalah krusial adalah adanya dugaan pengrusakan lingkungan. Ini dipertegas dengan temuan WALHI Sulsel yang pernah turun investigasi ke lokasi.


 (rum-nur/anto)