Lestarikan Pohon Keras di KBU, Satgas Sub 17 Sektor 22 Lakukan di Cimenyan
-->

Advertisement Adsense

Lestarikan Pohon Keras di KBU, Satgas Sub 17 Sektor 22 Lakukan di Cimenyan

60 MENIT
Minggu, 14 November 2021

60menit.co.id | Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 17 melakukan pemeliharaan pohon keras di tempat terpincil KBU Cimenyan, Minggu (14/11/2021).


60MENIT.co.id, Kab.Bandung | Pelestarian pohon keras di lahan kritis Kawasan Bandung Utara (KBU), Satgas Citarum Harum Sektor 22 melalui Sub 17 melakukan pemeliharaan pohon keras di wilayah Kecamatan Cimenyan Kabupaten Bandung, Minggu (14/11/2021). 


Sperti yang telah diberitakan beberapa minggu yang lalu, Serma Adam selaku Dansub 17 mengatakan bahwa aksi pemeliharaan pohon keras ini merupakan salahsatu upaya mengembalikan fungsi tanah yang telah beralih fungsi. Yaitu kawasan Hutan menjadi Lahan Pertanian.


"Peralihan fungsi ini sangat signifikan, bahkan menurut survay hingga 80,4% lahan menjadi kritis di Cimenyan ini, perlu keseriusan dari semua pihak jika memang ada itikad untuk menghijaukan kembali lahan kritis ini," jelas Adam.


Mengembalikan fungsi lahan yang Hutani dikatakan sangat berat, namun tidak menutup kemungkinan bisa berhasil namun memerlukan waktu yang cukup lama. 


Kisah ini sudah menjadi tontonan publik, terutama bagi mereka yang mengaku dirinya sebagai pecinta lingkungan yang menjaga alam, namun dalam reaksinya tidak ada keberhasilan yang menonjol dalam perubahan fungsi lahan ini. 


Sebagian anggota satgas sub 17 melakukan patroli sungai di musim hujan.


Menurut Serma Adam hal itu bisa juga terjadi karena yang dihadapinya adalah para penggarap yang resmi ada Kewenagan dari pemilik langsung walau hingga ribuan hektar luasnya. 


"Mereka para penggarap mempunyai hak untuk menanam sayuran atau tanaman pertanian, karena sudah ada ketentuan dari pemilik langsung. Kita tidak bisa bertindak sembarangan," imbuh Adam.


Walau demikian Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 17 ini bertugas untuk melakukan pelestarian tanaman keras, untuk menyediakan bibit pohon sebagai penghijauan. 


"Sperti saat ini kita melakukan perawatan pohon keras yang sudah kita tanam di lahan petani sayuran sangat terpencil tempatnya, saya harap beberapa pohon ini bisa tumbuh normal seperti yang kita harapkan," imbuh Adam.


Perjuangan Satgas Sektor 22 di KBU Cimenyan sudah terlihat hasilnya, yaitu dari beragam pohon keras hingga ribuan pohon sudah ditanamnya. "Ini juga kita persuasif dulu dengan para petani, asal mereka mengijinkan apapun jenis tanaman kerasnya kami penuhi sesuai dengan kebijakan Komandan Sektor 22," tegas Adam.


(zho)