Cek Fakta, Heboh Indonesia Didiskualifikasi Dari Piala AFF 2020
-->

Advertisement Adsense

Cek Fakta, Heboh Indonesia Didiskualifikasi Dari Piala AFF 2020

60 MENIT
Senin, 27 Desember 2021

60menit.co.id | Ekspresi Asnawi dihadapan Pemain Singapur karena Gagal Cetak Goal Finalti. (net)

60MENIT.co.id, Bandung | Viral, gegara Asnawi melecehkan eksekutor finalti pemain Singapura karena gagal masuk di Liga AFF 2020.


Kabar ini tersebar di berbagai WatsApp Grup dengan isi informasi broadcast sebagai berikut :


Indonesia Didiskualifikasi, Pemain Terbukti memberikan kode ke kipernya dan ada juga perkara Asnawi dianggap melecehkan pemain Singapura saat gagal esekusi finalti.


Berdasarkan Laporan Tim pengawas Penyelenggara Piala AFF 2021, hasil tes ulang rekaman pertandingan bahwa terbukti pemain indonesia melakukan kesalahan merugikan singapura, Asnawi telah dinyatakan positif bersalah saat kontra Tim Singapura pada sabtu (25/12) di Stadion singapura.


Seluruh gol Indonesia ke gawang Singapura sebanyak 4 gol dinyatakan tidak sah dan dianulir oleh FIFA.


Asosiasi sepakbola tertinggi itu pun memutuskan untuk merubah skor pertandingan menjadi Singapur ( 4) - Indonesia ( 2 ). Dengan demikian Singapur berhak lolos ke Final menggantikan Indonesia.


Berdasarkan temuan tersebut, Asnawi dikenakan denda sebesar € 10.000 atau sekitar Rp 166.243.000 dan dijatuhi hukuman larangan bermain selama 6 (enam) bulan di ajang internasional AFF. Sedangkan Federasi Sepakbola Indonesia juga dikenakan denda sebesar € 50.000 atau sekitar Rp 831.215.000.


Pada leg pertama, laga Indonesia Vs Singapura berakhir dengan skor 1-1. Usai pertandingan, pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong mengapresiasi atas kerja keras dari para pemainnya.


Ia mengakui pertandingan kali ini dipenuhi berbagai drama yang menguras tenaga dan emosi. Di partai Final, Indonesia berhadapan dengan Thailand yang berhasil singkirkan Vietnam.


Final AFF Suzuki Cup 2020 akan digelar dalam dua leg. Leg pertama berlangsung pada Rabu 29 Desember 2021. Sementara itu, leg kedua berlangsung pada Sabtu 1 Januari 2022.


Agregat pemasukan bola (zho)


Perjalanan Timnas Indonesia Tebus Final AFF Cup, Berhasil Bungkam Malaysia dan Tahan Juara Bertahan.

Benarkah informasi tersebut ?


Berdasarkan penelusuran berbagai lembaga Pers, informasi tersebut adalah HOAX.


Hanya untuk lelucon, namun informasi ini berpotensi menimbulkan misinformasi bahkan disinformasi.


Hingga saat ini, tidak ada satupun pemberitaan media mainstream yang menyatakan Indonesia didiskualifikasi dari AFF.


Tidak ada keterangan dari badan olahraga terkait juga yang menyatakan Indonesia didiskualifikasi dari AFF.


Seperti diketahui, Timnas Indonesia berhasil lolos ke final Piala AFF 2020 usai mengalahkan Singapura dengan agregat 5-3.


Pada laga terakhir yakni leg 2, Indonesia menang dengan skor 4-2 atas Singapura di National Stadium, Sabtu 25 Desember 2021


(zho)