Ajak Kewialayahan, Satgas Sektor 22 Sub 3 Pada Pembersihan Sungai Cikeueus
-->

Advertisement Adsense

Ajak Kewialayahan, Satgas Sektor 22 Sub 3 Pada Pembersihan Sungai Cikeueus

60 MENIT
Rabu, 30 November 2022

Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 3, membersihkan Sungai Cikeueus berlokasi di wilayah RW. 03 Kelurahan Pasirkaliki, Kecamatan Cicendo, Kota Bandung. Rabu 30/11/22 (Mg.Oleh).

60MENIT.co.id, Bandung | Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 3 terus berupaya pada normalisasi dan mengembalikan fungsi sungai bersama unsur kewilayahan, di giat pembersihan Sungai Cikeueus yang berlokasi di wilayah RW. 03 Kelurahan Pasirkaliki, Kecamatan Cicendo, Kota Bandung. Rabu (30/11/22).


Pembersihan yang dilakukan sepanjang 100 meter, meliputi pembabadan rumput liar, pengangkatan bebatuan (berangkal)  dan sampah, berhasil mengangkut sampah sebanyak 340 kg.


Sungai Cikeus yang dulunya bisa di katakan kurang perawatan, banyak tumbuh rumput liar dan sampah, kini  nampak lebih bersih dan aliran sungainya pun berjalan dengan normal.


"Pembersihan terus di lakukan oleh kami tentunya sebagai salah satu upaya pencegahan dari kerusakan pada daerah aliran sungai yang bisa mengakibatkan kerugian besar terhadap kesehatan, ekonomi, sosial, ekosistem, sumber daya lingkungan, dan mengancam tercapainya tujuan perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup". Ucap Serka Hengki Dansub 03 Sektor 22 saat di konfirmasi awak media.


Dari apa yang kami kerjakan, sambung Hengki, tentunya ada progres yang baik terkait kemajuan pada daerah aliran sungai, yang tadinya kotor dan rimbun baik oleh sampah dan rumput liar, kini sungai-sungai terkhusus di wilayah kerja kami, nampak lebih bersih dan asri.


Apel pagi melibatkan unsur Kewilayahan.


"Namun tidak demikian, walau setiap hari kami bersihkan, urusan sampah dan rumput liar pasti ada, belum 100% sungai terbebas dari limbah-limbah domestik, karena ya mungkin faktor dari terbawanya sampah di jalan saat hujan terseret ke sungai sehingga terjadi penumpukan". Jelas Hengki.


Tentunya di setiap ada kesempatan lanjut Hengki, di mana pun itu, kami selalu memberikan himbauan kepada warga masyarakat, untuk tidak membuang sampah sembarangan, dan bisa menerapkan prilaku hidup bersih dan sehat di lingkungannya masing-masing.


"Berharap dari apa yang kami kerjakan setiap harinya, warga masyarakat dapat mendukung sepenuhnya program Citarum Harum agar apa yang sudah menjadi cita-cita dapat terwujud dengan baik". Harap Hengki sambil menutup penjelasannya kepada awak media. 


(Sholeh)