Media Jangan Dibungkam Beritakan Fakta Pengunduran Diri Penasehat PMTI
-->

Advertisement Adsense

Media Jangan Dibungkam Beritakan Fakta Pengunduran Diri Penasehat PMTI

60 MENIT
Senin, 14 November 2022

60menit.co.id


60MENIT.co.id, Jakarta | Polemik seputar pengunduran diri sejumlah tokoh Toraja dari Penasehat Pengurus Pusat PMTI (Perhimpunan Masyarakat Toraja Indonesia) seperti diberitakan sebelumnya, terus mengemuka. Pasalnya, sejumlah pihak yang juga bagian dari PMTI menganggap pemberitaan media tentang mundurnya para penasehat itu tidak benar. 


Padahal, di tengah forum Mubeslub PMTI yang lalu, Ketua Umum PP PMTI telah menyampaikan jika Irjen Pol (P) Drs. Mathius Salempang yang menjabat Ketua WANHAT (Dewan Penasehat) telah mengundurkan diri. Alasan mundur karena masalah kesehatan. Pengunduran diri Mathius Salempang ini bahkan sejak 31 Oktober 2022. 


"Ini yang saya heran, saya baca di group-group WA komunitas Toraja katanya berita pengunduran diri ini tidak benar, malah dibilang hoax. Apa iya. Sementara faktanya ketua umum menyampaikan lewat pidatonya di tengah Mubeslub bahwa Pak MS sudah mundur. Lalu ini diberitakan media kok malah ada yang tidak menerima apa masalahnya, ada apa," ucap Thonny Panggua, SH.


Kepada awak media, Senin (14/11) pagi ini, jurnalis yang juga aktivis Toraja Transparansi ini, meminta semua pihak untuk selalu berkata jujur dan tidak menutup-nutupi masalah yang ada, apalagi ingin membungkam media memberitakan fakta sesungguhnya. Hal sama dilontarkan jurnalis senior yang juga putra Toraja, Robert Kadang, dari Kupang, Nusa Tenggara Timur. 


60menit.co.id


"Sgt disayangkan, organ sekelas PMTI tdk bs menempatkan profesi jurnalis, sebuah kebenaran diungkap tapi malah mau ditutupi 😇" tutur Robert, via pesan WA, Minggu (13/11) kemarin. Sedikit beda disampaikan Senator Sulsel Lily Amelia Salupa, SE, MM. Terutama soal dikeluarkannya Wartawan PMTINEWS, Rustan Serawak, dari WA Group PP PMTI. 


Lily menanyakan soal alasan ditendangnya Rustan dari grup tersebut. Hal ini disampaikan setelah membaca berita di media ini. "Ooh ya..😩. Knp hrs dikeluarkan dr group wa, kalau hanya menulis berita yg benar? Atau mgkn dianggap beritanya gak benar?," ketus Lily polos, lewat pesan WA, Minggu kemarin. 


Untuk diketahui, sejumlah Penasehat PP PMTI yang sudah resmi dinyatakan mundur adalah Irjen Pol (P) Drs. Mathius Salempang, Irjen Pol (P) Drs. Frederik Kalalembang, Annar Salahuddin Sampetoding, dan David Allorerung. Salah satu dari ke-4 nama ini, yakni Irjen Pol (P) Drs. Frederik Kalalembang, telah menjabat Ketua Umum Ikatan Keluarga Toraja Nusantara (IKaTNus). 


(anto)