Satgas Sub 02 Sektor 22 Bersihkan Sungai Cikapyang
-->

Advertisement Adsense

Satgas Sub 02 Sektor 22 Bersihkan Sungai Cikapyang

60 MENIT
Selasa, 29 November 2022

Satgas Sub 02 Sektor 22 Bersihkan Sungai Cikapyang. 


60MENIT.co.id, Bandung | Mengurangi pencemaran yang datang setiap hari dari limbah domestik yang terbawa arus air, Sektor 22 Sub 2 Satgas Citarum Harum laksanakan pembersihan di Sungai Cikapayang, Kelurahan Sukaluyu, Cibeunying, Kota Bandung. Selasa (29/11/22).


Tuntasnya permasalahan yang ada di daerah aliran sungai harus dengan kekompakan semua elemen, baik Satgasnya, unsur wilayah, Dinas terkait dan warga masyarakat serta para pelaku usaha dalam menjaga dan melestarikan daerah aliran sungai.


Sejak 2018 Satgas Citarum Harum di turunkan terkhusus Sektor 22 yang memiliki tugas pembersihan dan pengawasan di anak, cucu dan cicit sungai Citarum agar sungai tersebut terbebas dari pencemaran baik dari limbah, sampah ataupun rumput liar.


Seperti yang di laksanakan Sub 2 Sektor 22 pada hari ini melakukan pembersihan sepanjang 350 meter di sungai Cikapayang bersama Gober kewilayahan.


Hal tersebut di lakukan sebagai upaya perawatan secara berkelanjutan guna meminimalisir pencemaran yang ada di sungai tersebut dan mengembalikan fungsi sungainya.


Sedimentasi langsung di masukan ke dalam karung.


Serma A Yani, Komandan Sub 2 Sektor 22 mengatakan, walau satgas Citarum terbentuk sejak 2018, namun terkait permasalahan daerah aliran sungai memang harus benar-benar semua elemen memperhatikan dan ikut berperan aktif dalam penuntasannya.


"Setidaknya, dengan hadirnya kami terkhusus Sektor 22 yang bertanggung jawab atas anak, cucu dan cicit Sungai Citarum yang ada di wilayah Kota Bandung tentunya harus mampu meminimalisir daya cemar sungai yang ada". Jelasnya.


Pembersihan hingga lorong sungai 


Yani juga mengatakan, seiring berjalannya waktu hal tersebut dapat kami laksanakan dengan baik, terlebih di wilayah kerja kami, sungai-sungai yang ada selalu mendapatkan perhatian khusus untuk lebih di perhatikan baik limbahnya, sampahnya maupun kebersihan bantarannya.


"Namun kami tidak pernah bosan untuk memberikan himbauan kepada warga masyarakat, agar tidak membuang sampah ke daerah aliran sungai atau sembarangan, serta mengajak agar bisa lebih aktif lagi dan ikut serta memelihara kebersihan lingkungan". Tutup Serma A Yani. 


(Sholeh)