Aksi Perawatan Sungai Cikapundung, Satgas Sektor 22 Sub 04 Anggap Edukasi Moral Warga
-->

Advertisement Adsense

Aksi Perawatan Sungai Cikapundung, Satgas Sektor 22 Sub 04 Anggap Edukasi Moral Warga

60 MENIT
Selasa, 14 Februari 2023

Satgas Citarum Harum Sektor 22 SubSektor 04 melakukan perawatan kebersihan di Sungai Cikapundung wilayah Kebonpisang, Selasa 14/02/2023 (zhovena)


60MENIT.co.id, Bandung | Perawatan kebersihan Sungai Cikapundung oleh Satgas Citarum Harum Sektor 22 melalui SubSektor 04, hari ini dilakukan di wilayah Rw 08 Kelurahan Kebonpisang Kota Bandung, Selasa 14/02/2023. 


Sejatinya, masalah sampah tidak pernah tuntas di setiap kawasan, setiap hari pasti produksi sampah terus berjalan baik sampah rumah tangga, alam maupun sampah hasil industri. 


Hal di atas dikatakan oleh Peltu Ade Sukmana selaku Dansub 04 Satgas Citarum Harum Sektor 22 kepada awak media di posko Sub 04/22. 


Peltu Ade Sukmana menambahkan, kondisi fisik sungai di lapangan, selalu ada sampah walaupun tidak begitu signifikan. 


"Sampah itu setiap hari ada yang keteter di sungai, apalagi pasca hujan pasti sampah agak numpuk di aliran sungai," kata Ade. 


Kendati demikian, selaku Satgas Citarum Harum di Sektor 22 Peltu Ade Sukmana bersama anggota selalu melakukan aksi perawatan sungai di setiap wilayah kerjanya. 


Selain sedimentasi sungai, satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 04 membersihkan pula rumput liar.


Menurut Peltu Ade Sukmana hal itu dilakukan sebab merupakan salah satu edukasi moral untuk menarik animo dan respek dari semua warga dan aparat lingkungan setempat. 


"Edukasi prilaku terhadap masyarakat itu bukan hanya seremonial sosialisasi ataupun komunikasi sosial saja, menurut saya aksi pembersihan sungai di lapangan juga bisa menjadi edukasi, terutama meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap kebersihan bisa dijaga," imbuh Ade. 


Perawatan keutuhan dan kebersihan sungai bertujuan untuk meningkatkan sungai bersih dan sehat, Satgas Citarum Harum Sektor 22 menjalankan payung hukum Peraturan Presiden No. 15 Tahun 2018, secara nyata untuk menciptakan sungai supaya bermanfaat bagi kehidupan orang banyak.


"Pada penciptaan sungai bersih dan sehat ini kita berharap semua lapisan masyarakat bisa bersatu padu meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan dan sungai, sehingga progres pada Program Citarum Harum bisa tercapai sesuai target," tutup Ade. 


(zho)