Prioritas Utama, Satgas Sektor 22 Sub 4 bersama Gober Jaga Kebersihan Sungai Cikapundung
-->

Advertisement Adsense

Prioritas Utama, Satgas Sektor 22 Sub 4 bersama Gober Jaga Kebersihan Sungai Cikapundung

60 MENIT
Jumat, 10 Februari 2023

Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 4, membersihkan sampah dan rumput liar di Sungai Cikapundung wilayah Rw 10 Kelurahan Tamansari, Jumat 10/02/2023 (zhovena)

60MENIT.co.id, Bandung | Satgas Citarum Harum Sektor 22 melalui SubSektor 4 mengajak Gober Tamansari melakukan pembersihan sampah dan rumput liar di Sungai Cikapundung wilayah Rw. 10 Kelurahan Tamansari Bandung Wetan, Jumat 10/02/2023. 


Sungai Cikapundung merupakan prioritas utama setelah sungai lainya di Kota Bandung dalam perawatan oleh Satgas Citarum Harum Sektor 22, menurut Peltu Ade Sukmana hal ini disebab salahsatu sungai yang diidamkan masyarakat banyak sebagai destinasi wisata Kota Bandung. 


"Sungai ini membentang membelah pusat Kota Bandung, tentunya masyarakat banyak sangat memerhatikan keberadaannya. S bagai inisiatif kita memprioritaskan kebersihan dan fisik Sungai Cikapundung," ujar Ade Sukmana. 


Menurut keberadaannya, Sungai Cikapundung di pusat kota Bandung termasuk salahsatu sungai yang indah, dihiasi gelondongan batu besar alami. 


Keberadaan batu-batu ini sudah sejak dulu sebagai bawaan asli Sungai Cikapundung. Dengan tampilan ini Sungai Cikapundung sangat pas dijadikan sarana wisata. Maka bisa dijuluki bahwa Sungai Cikapundung merupakan etalase Kota Bandung.


"Karena sering dikunjungi masyarakat banyak, Sungai Cikapundung ini rutin kita lakukan perawatannya, baik itu sampah domestik rumah tangga, maupun sampah rumput liar dan kotoran lainnya lainnya," imbuh Ade Sukmana. 


Faham yang sama datangnya dari salahsatu anggota Gober Kelurahan Tamansari Kota Bandung, bahwa dirinya sangat setuju bahwa Sungai Cikapundung merupakan sungai melegenda bagi warga Kota Bandung.


Ia mengungkapkan sejarah kecilnya zaman dulu, bawa, air sungai Cikapundung yang bersih, bening dan tidak berbau ini sering digunakan mandi bagi masyarakatnya. 


"Jika saja air Sungai Cikapundung bersih seperti jaman dahulu, maka kita dari warga sering mandi di sini, tidak seperti sekarang airnya berwarna keruh," ujar anggota Gober yang tidak mau disebut namanya.


Karya bakti Satgas Citarum Harum Sektor 22 di semua SubSektor merupakan salahsatu upaya untuk menciptakan kondisi sungai yang utuh, bersih dan indah tertata," kata Ade Sukmana. 


(zho)