Serma Dodi Candra, DanSub 08 Satgas Citarum Harum Sektor 22 Awasi Limbah McDonald's Setiabudi
-->

Advertisement Adsense

Serma Dodi Candra, DanSub 08 Satgas Citarum Harum Sektor 22 Awasi Limbah McDonald's Setiabudi

60 MENIT
Minggu, 30 April 2023

Dansub 08 Serma Dodi Candra Satgas Citarum Harum Sektor 22 sedang menyelia Ipal Mc Donald's di jl. Setia Budi Nomor 86-87 wilayah Kecamatan Cidadap Kota Bandung, Minggu 30/04/2023 (zhovena)


60MENIT.co.id, Bandung | Serma Dodi Candra DanSub 08 Satgas Citarum Harum Sektor 22 melakukan Pengecekan limbah McDonald's beralamat di jl. Setia Budi No. 86 - 87 Kota Bandung, Minggu 30/04/2023. 


Giat ini sesuai dengan agenda rencana aksi Satgas Citarum Harum Sektor 22 yang mesti menertibkan kondisi Ipal Pelaku Industri supaya mencapai limbah yang sesuai dengan bakumutu.


Perusahaan Resto Berbadan Hukum Nasional ini berdiri sejak Tahun 2018, tentunya sudah memiliki legalitas formal yang jelas, maka segala aturan dan persyaratan yang komplit termasuk izin lingkungan hidup yang Syah. 


"Kita perlu melakukan pengawasan di setiap pelaku industri yang menghasilkan limbah, hal ini sesuai dengan tujuan Program Citarum Harum dalam mengondisikan sungai yang bebas pencemaran dari semua unsur limbah," kata Serma Dodi Candra kepada awak media. 


Menilai kondisi limbah akhir McDonald's Setiabudi yang layak buang.


McDonald's yang sudah memiliki legalitas formal ini setelah diperiksa kondisi limbahnya oleh Satgas Citarum Harum Sektor 22 ternyata sudah sesuai bakumutu, karena dari proses instalasi pengolahan air limbahnya sudah benar. 


"Alhamdulillah kita ukur derajat keasaman air limbah dari McDonald's ini dalam posisi pH 7 (tujuh) yaitu netral, namun kita tetap memberikan saran kepada managementnya supaya tetap bisa mempertahankan kondisi ini supaya tidak mencemari sungai dan lingkungan," imbuh Dodi. 


Lebih lanjut Serma Dodi Candra mengatakan supaya karyawan McDonald's terutama dibagikannya lebih memerhatikan kebersihan lingkungan, hal ini bertolak kepada pencemaran sungai yang sering terpengaruh oleh sampah rumahan. 


Hasil pengukuran kondisi limbah akhir McDonald's Setiabudi ada pada posisi pH 7 (normal)


"Sampah-sampah juga harus apik dikelola dengan baik, soalnya jika hujan bagi sampah yang tercecer suka terbawa arus ke sungai, kita jaga kebersihannya bersama-sama supaya lingkungan dan sungai dalam kondisi yang bersih dan sehat," tutup Dodi.


Satgas Citarum Harum Sektor 22 selalu beroperasi ke setiap wilayah sesuai dengan bagian subsektor masing-masing, walaupun anggota Satgas terbilang minim namun secara tugas selalu sesuai tupoksi dan bisa menjangkau ke wilayah terpencil.


Hal di atas sudah teragenda dengan rencana aksi yang sudah baku ditetapkan oleh Dansektor 22 Citarum Harum Kolonel Inf. FX Sri Wellyanto Kasih. Dengan agenda tersebut harus dipatuhi oleh anggota supaya progres pada Program Citarum Harum tetap berjalan normal. 


(zho)