KASAU Resmikan Puslat Aerosport "HARUMAN JINGGA"

Advertisement Adsense

KASAU Resmikan Puslat Aerosport "HARUMAN JINGGA"

Wak Puji
Jumat, 20 Desember 2019


60menit.co.id, Garut - Pusat Latihan (Puslat) Aerosport “Haruman Jingga” yang berlokasi di bukit Haruman desa Harumansari kecamatan Kadungora telah diresmikan oleh Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Yuyu Sutisna, Kamis, (19/12). Puslat Aerosport ini diprakarsai oleh Korps Pasukan Khas (Korpaskhas) TNI AU dan didukung oleh Dinas Potensi Dirgantara Angkatan Udara (Dispotdirgaau) ini, telah menambah fasilitas latihan bagi atlet-atlet paralayang dan gantole Indonesia sehingga diharapkan mampu meningkatkan jam terbang dan berkiprah serta berprestasi di ajang kompetisi internasional.

Puslat Aerosport Haruman Jingga berada pada ketinggian 966 mdpl, berjarak 56 km dari Kota Bandung dan 206 km dari Jakarta. Memiliki fasilitas bumi perkemahan, teater luar ruang (amphitheater), area pedagang kecil, dan lapangan upacara.

“Pembangunan Puslat Aerosport Haruman Jingga diharapkan mampu meningkatkan kesadaran bela negara masyarakat melalui olahraga dirgantara, menjadi ikon wisata baru di Kabupaten Garut, dan melahirkan atlet-atlet paralayang dan gantole. 

Saya selaku Kasau dan Ketua Umum Federasi Aerosport Indonesia (Fasi) sangat menyambut baik inisiatif dari Korpaskhas dalam membangun fasilitas olahraga dirgantara ini. Hal ini merupakan inovasi yang positif dalam mengembangkan potensi daerah, khususnya di Kabupaten Garut sehingga dapat berperan serta dalam meningkatkan kesadaran bela negara, meningkatkan perekonomian masyarakat, dan mendukung pemerintah dalam mencetak atlet-atlet olahraga dirgantara untuk berprestasi di masa mendatang serta mewujudkan visi dan misi presiden RI dalam 5 tahun ke depan untuk memajukan sektor pariwisata”, ujar Kasau pada sambutannya.


Sementara, bupati Garut Rudy Gunawan menyampaikan ucapan terima kasih dari seluruh masyarakat Garut, terlebih lagi dibangunnya jalan pendekat yang awalnya harus menempuh jarak 11 km menjadi 3,6 km antara kecamatan Leuwigoong dan Kadungora yang sejak tahun 1960-an sudah didambakan masyarakat. Hanya dalam waktu 1,5 bulan dapat diselesaikan prajurit Paskhas tanpa meminta bantuan Pemda. “Jalan pendekat sekitar 4 km akan segera diaspal hotmix bulan depan, sementara lahan landing area akan dibeli oleh pemda kabupaten Garut dan diperuntukkan bagi fasilitas Puslat Aerosport Haruman Jingga”, ucap Bupati Rudi Gunawan yang disambut tepuk tangan hadirin. (Djie)