DESA CIKAJANG BERBASIS TEKNOLOGI DIGITAL CIPTAKAN PROGRAM SIPAAWANG .

Advertisement Adsense

DESA CIKAJANG BERBASIS TEKNOLOGI DIGITAL CIPTAKAN PROGRAM SIPAAWANG .

Wak Puji
Selasa, 10 Maret 2020



60menit.com, Garut - Salah satu syarat lomba desa tingkat Kabupaten atau pun Provinsi adalah desa yang mampu melakukan sebuah terobosan baru dalam beberapa hal untuk kemajuan masyarakat desa itu sendiri.

Seperti yang dilakukan oleh desa Cikajang, kabupaten Garut yang berinovasi baru di bidang pelayanan dengan meluncurkan produk layanan publik berbasis internet yang bernama SIPAAWANG, layanan internet ini memberikan kemudahan kepada masyarakatnya dalam hal pengurusan administrasi kependudukan dan lain sebagainya.

“Sekarang warga desa Cikajang tidak harus repot- repot datang ke kantor desa saat mengurus administrasi apapun”, ujar Kepala Desa Cikajang, Awan Sisriadi, saat dikonfirmasi awak media di kantornya, Jl. Raya No.54, Cikajang, Garut, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Selasa (10/03).

Kades Cikajang juga mengatakan dengan adanya aplikasi ini masyarakat nya mendapat kemudahan dalam hal pengurusan masalah administrasi kependudukan seperti hal permohonan pembuatan KTP , Kartu keluarga , bea balik nama dan lain sebagainya dengan cukup mengunduh aplikasi SIPAAWANG di google play store.

“Aplikasi internet ini adalah sebuah terobosan yang dilakukan untuk peningkatan pelayanan publik dan perlu di ketahui ini pertama dilakukan desa di kabupaten Garut yang berbasis on-line”, jelasnya.

Nama aplikasi SIPAAWANG sendiri diambil dari nama Kades yang biasa akrab di panggil Awan, menurutnya dengan tidak bermaksud membaggakan diri, ide dan gagasan itu muncul dari dirinya yang selalu berfikir bagaimana meningkatkan pelayanan dan berbuat yang terbaik bagi masyarakat yaitu transparan, cepa, dan pasti.

Manfaat dari layanan aplikasi ini pun dirasakan oleh warga desa, seperti yang dituturkan warga bernama Reni Soleha seorang pedagang di pasar Cikajang menyatakan, dengan adanya layanan aplikasi ini dirinya sangat terbantu dalam pembuatan KTP.

“Saya tidak perlu berhenti berjualan saat membuat KTP, cukup dengan mengklik melalui HP, permohonan pembuatan KTP sudah kelar” ujarnya.

Sementara itu, ketua Apdesi kecamatan Cikajang, Dada,ketika diminta tanggapanya mengatakan kalau jajaranya berharap desa Cikajang terpilih menjadi juara lomba desa tingkat kabupaten Garut yang laksanakan bulan Maret tahun ini dan menjadi duta perwakilan untuk tingkat provinsi.

“Karena apa yang di lakukan oleh desa Cikajang adalah sebuah terobosan baru dalam peningkatan pelayanan publik dengan menggunakan tekhnologi digital pertama di kabupaten Garut, semoga menjadi inspirasi bagi desa-desa yang lain nya karena sangat bagus, membantu memberikan kemudahan kepada masyarakat”, pungkasnya(Djie)