Kolaborasi Makin Kuat Pada Pembersihan Sungai Cikendal Oleh Satgas Sub 06 Sektor 22
-->

Advertisement Adsense

Kolaborasi Makin Kuat Pada Pembersihan Sungai Cikendal Oleh Satgas Sub 06 Sektor 22

60 MENIT
Sabtu, 27 November 2021

60menit.co.id | Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 06 melakukan perawatan anak Sungai Cikendal Cijerah Bandung Kulon, Sabtu (27/11/2021).


60MENIT.co.id, Bandung | Satgas Sub 06 Sektor 22 melakukan perawatan sungai di Anak Sungai Cikendal, berlokasi di Kelurahan Cijerah Kecamatan Bandung Kulon Kota Bandung, Sabtu (27/11/2021).


Perawatan sungai melalui pembersihan sampah domestik dan rumput liar berikut sedimentasi sungai yang menggangu aliran arus sungai juga merusak kondisi daerah aliran sungai.


Peltu Aris Santoso selaku Dansub 06 menyampaikan, pembersihan sungai yang dilakukan setiap hari tanpa ada libur merupakan konsentrasi penuh dari Satgas Citarum Harum Sektor 22 untuk pencapaian target dari program Perpres 15/2018.


"Keseriusan ini menjadi tekad yang kuat bagi kami selaku satgas Citarum Harum, maka segala tindakan yang kami lakukan terhadap kepentingan sungai merupakan keseriusan untuk mencapai cita-cita Perpres yang berujung untuk kepentingan masyarakat banyak," kata Aris. 


Pasukan TNI merupakan harapan seluruh lapisan masyarakat dalam pencapaian sungai bersih dan sehat, hal ini senyawa dengan TNI Manunggal Rakyat.


60menit.co.id | kondisi sungai mulai rapih


Konstelasi dari seorang prajurit TNI sudah mewakili rakyat banyak ketika berurusan dengan tata kelola lingkungan sebagai tindakan pengorbanannya untuk masyarakat banyak. Begitupun yang tersirat pada Program Citarum Harum.


"Iya,,, kami bertanggung jawab terhadap tugas mulia ini yang kami emban sebagai satgas citarum harum, tentunya tidak semudah yang kita bayangkan untuk meraihnya. Soalnya yang kita hadapi ini berbagai unsur masyarakat dengan berbeda ilmu pengetahuan walaupun suksesinya buat mereka juga," imbuh Aris.


Maksud Peltu Aris Santoso diatas adalah merubah paradigma masyarakat itu sendiri yang lama terserap. Karena sampai saat ini secara tersembunyi masih ada masyarakat yang masih membuang sampahnya ke sungai, padahal Kebersihan Sungai itu sendiri demi pemajuan masyarakat banyak.


Satgas Citarum Harum Sektor 22 sudah melakukan berbagai upaya untuk keberhasilan Citarum Harum, sampai saat ini secara bertahap sudah ada kesinambungan baik dengan pemerintah daerah maupun di kewilayahan. Dengan bukti kolaborasi yang sudah berjalan semakin diperluas.


(zho)