Pada Pembersihan Sungai Cipenya, Peltu Aris Dansub 06 Sektor 22 Berharap Suksesi Cepat
-->

Advertisement Adsense

Pada Pembersihan Sungai Cipenya, Peltu Aris Dansub 06 Sektor 22 Berharap Suksesi Cepat

60 MENIT
Jumat, 26 November 2021

60menit.co.id | Tampak anggota Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 06 sedang melakukan Sosialisasi kepada masyarakat, Jumat (26/11/2021).


60MENIT.co.id, Bandung | Sungai Cipenya kembali dibersihkan oleh Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 06, yaitu merupakan pembersihan lanjutan di wilayah RW. 05 di Kelurahan Cigondewah Kecamatan Bandung Kulon, Jumat (26/11/2021).


Satgas Sub 06 yang dipimpin Peltu Aris Santoso, pada pembersihan ini berhasil mengangkat sampah sebanyak 100kg dari panjang sungai 100 M. 


"Sampah ini didominasi oleh sampah-sampah domestik dan sebagian kecilnya adalah rumput liar yang subur menumbuhi sempadan sungai," kata Aris.


Perawatan sungai menurut Peltu Aris mesti dilakukan secara rutin, dengan cara seperti ini maka selain kebersihan sungai juga meningkatkan tata kelolanya. "Yaitu akan mengurangi bencana banjir musiman," imbuhnya.


Perawatan sungai ini sudah tetap dijadwalkan oleh satgas Citarum Harum Sektor 22, walaupun satgas bukan petugas kebersihan. Namun aksi ini terus ditingkatkan supaya masyarakat dan aparatnya bisa memahami betapa progres dari Program Citarum Harum ini perlu diseriuskan. 


Adalah bersama Pasukan TNI segala urusan akan tuntas. Image ini sudah menerap dan terkenal di benak masyarakat, karena sejatinya dari Prajurit TNI memiliki jiwa korsa yang tinggi patuh lurus keatas sesuai perintah komandan. 


"Ya jelas sekali kita kita ada disini melaksanakan Perintah Negara yaitu menjalankan Peraturan Presiden No 15 Tahun 2018, saya harap sesuai target 3 Tahun kedepan program Citarum Harum ini bisa tuntas," ujar Aris. 


60menit.co.id | Patroli Sungai.


Pada pendisiplinan yang dipedomkan oleh Satgas Sektor 22 ini anggota setiap hari melakukan pengawalan pembersihan sungai, patroli sungai, komunikasi sosial kepada masyarakat secara langsung dan melakukan sidak ke pelaku industri sebagai bimbingan dan eksekusi bagi pelanggar pembuang limbah tanpa kelola Ipal yang benar. 


Hal diatas Peltu Aris Santoso menganggap, sebuah program yang diwajibkan bagi anggota Satgas Sektor 22, karena dengan menjalankan program tersebut akan memperkuat pemikiran masyarakat pada prinsip kepatuhan yaitu kepedulian lingkungan yang bersih dan sehat. 


"Saya yakin semua pihak sangat berharap akan keberhasilan dari Program Citarum Harum yaitu mengembalikan kondisi sungai yang bersih dan sehat. Karena dengan demikian sungai akan bisa menjadi sumber hidup dan penghidupan mereka," tutup Aris. 


(zho).