Perawatan Sungai Cibeureum, Peltu Bayu Dansub 07 Sektor 22 Libatkan Aparat dan Masyarakat
-->

Advertisement Adsense

Perawatan Sungai Cibeureum, Peltu Bayu Dansub 07 Sektor 22 Libatkan Aparat dan Masyarakat

60 MENIT
Senin, 29 November 2021

60menit.co.id | Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 07 membersihkan area DAS Sungai Cibeureum, Isola Sukasari, Senin (29/11/2021).


60MENIT.co.id, Bandung | Gerilya Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 07 dalam perawatan sungai, Hari ini melakukan pembersihan di Sungai Cibeureum wilayah Kelurahan Isola Kecamatan Sukasari Kota Bandung, Senin (29/11/2021). 


Selaku Dansub di Sub 07 yaitu Peltu Bayu DC. memimpin pasukannya dibantu tim Gober Kewilayahan, dengan fokus di perapihan tunas pepohonan yang menggangu lajunya arus air Sungai Cibeuereum. 


Giat ini dilakukan dengan tujuan perawatan sungai yang biasa dilakukan Satgas Citarum Harum di Sektor 22 yaitu sebagai penjelmaan dari Percepatan Penanggulangan Kerusakan Daerah Aliran Sungai. 


"Kegiatan pagi ini pembersihan di Sungai Cibeureum kelurahan Isola kecamatan Sukasari, pembersihan difokuskan pada pemangkasan pohon bambu yang menjorok ke sungai." singkat Bayu.


Hal diatas dibenarkan oleh Kasi Ekbang Kelurahan Isola, Andrie Prasetya Nugraha, S.Sos., yaitu pada pelaksanaannya pihak kelurahan mengirim pasukan Gorong-gorong Bersih (Gober) supaya timnya terbiasa dan paham akan tata kelola sungai.


"Mengerahkan pasukan Gober ini untuk bekerjasama dengan satgas Citarum Harum subsektor 07 dalam melaksanakan kegiatan pagi ini. Selain itu supaya mereka mengerti tentang perawatan sungai yang benar, selebihnya supaya paham tentang tata kelola sungai yang benar," ujar Andrie 


Tampak kasi Ekbang Kelurahan Isola.


Ucapan Kasi Ekbang ini memaknai arti kesiapan kedepan bagi pemerintah kewilayahan dalam melanjutkan perawatan sungai dan lingkungannya. 


Yaitu sebagai tugas yang temporer bagi Pasukan TNI berada di Satgas Citarum Harum, dengan target beberapa tahun ke depan akan diakhiri. Namun perawatan sungai ini perlu berkelanjutan supay kebersihan dan kesehatan sungai bisa ditingkatkan. 


Dengan regenerasi yang diterapkan oleh Satgas Citarum Harum kepad masyarakat dan aparat kewilayahan, sudah berbuah baik secara Stigma maupun olah aksi dengan gerak bersama-sama dalam membersihkan sungai dan lingkungannya.


"Alhamdulillah semua berjalan lancar, aliran sungai juga tidak terhambat oleh batang bambu yang melengkung ke badan sungai, kami harap jalinan kerjasama ini bisa membuahkan titik terang dalam perawatan sungai kedepannya," tutup Bayu.


(zho)