Utamakan Kebersihan Sungai, Dansub 04 Sektor 22 Lakukan Aksi di Sungai Cikapundung
-->

Advertisement Adsense

Utamakan Kebersihan Sungai, Dansub 04 Sektor 22 Lakukan Aksi di Sungai Cikapundung

60 MENIT
Senin, 29 November 2021

60menit.co.id | Kondisi Sungai Cikapundung wilayanya Pasirluyu Pasca dibersihkan Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 04, Senin (29/11/2021).


60MENIT.co.id, Bandung | Hingga 190 kg sampah domestik dan rumput liar yang terangkat di pembersihan Sungai Cikapundung wilayah Pasirluyu oleh Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 04. 


Pembersihan sepanjang 100 M, terdiri dari perataan sedimentasi sungai, kikis rumput liar dan berbagai sampah domestik ini, Sertu Agus Tardiman (Dansub 04) menyampaikan bahwa perawatan sungai ini dibutuhkan keseriusan yang tinggi apalagi musim hujan.


"Konsentrasi di perawatan sungai saat musim hujan seperti sekarang perlu ditingkatkan, yaitu sebagai langkah untuk menghindari bahaya banjir, termasuk sedmentasi dan rumput liar yang menumbuhinya perlu dikikis habis supaya tidak merusak sempadan sungai," kata Agus, Senin (29/11/2021).


Beberapa karung sampah hasil pembersihan


Robohnya tanggul sungai oleh desakan arus air ketika debit tinggi karena daya tahanan kurang, akibat resapan air yang masuk ke akar rumput. 


Perawatan sungai harus ditingkatkan di musim hujan, terutama dari sendatan sampah ditiap aliran sungai yang menguat di sedimentasi hingga mengurangi volume tampungan air sungai. 


"Jika dibiarkan sampah-sampah ini berikut rumput liar yang menumbuhinya maka jika hujan intensitas tinggi akan berakibat banjir. Kita dari Satgas Citarum Harum Sektor 22 selalu berupaya supaya bencana tidak sampai terjadi," imbuh Agus.


Termasuk area yang dibersihkan


Untuk mengetahui tingkat kemajuan dan kondisi yang perlu ditindak supaya tidak terjadi bencana kami selalu melakukan patroli sungai. Patroli ini satgas melakukan setiap hari.


Hal lain dalam patroli sungai satgas bisa mengetahui karakter yang sebenarnya pada masyarakat. Maka dengan langsung dilakukan komumikasi sosial secar door to door.


"Sosialisasi ini kami upayakan kepai masyarakat yang memiliki potensi atas kepentingan tinggi ke sungai, supaya mereka tidak membuang sampahnya ke sungai maka kami terus mengimbau dengan isian tentang Program Citarum Harum," tutup Agus. 


(zho)