Produsen Bolu Susu Lembang, Ditutup Saluran Limbahnya oleh Satgas Sektor 22 Citarum Harum
-->

Advertisement Adsense

Produsen Bolu Susu Lembang, Ditutup Saluran Limbahnya oleh Satgas Sektor 22 Citarum Harum

60 MENIT
Jumat, 27 Januari 2023

Satgas Citarum Harum Sektor 22 dipimpin BatiOps Peltu Aris Santoso mengecor tutup saluran limbah Produsen Bolu Susu Lembang, Kamis Malam 26/01/2023 (zhovena)

60MENIT.co.id, Lembang | Pengecoran penutupan saluran limbah industri, BatiOps Satgas Sektor 22 Citarum Harum Peltu Aris Santoso bersama anggota menertibkan limbah Produsen Bolu Susu Lembang wilayah Satgas SubSektor 08/22 Rw. 15 Desa Kahuripan Lembang, Kamis Malam 26/01/2023.


Penutupan saluran air limbah produsen Bolu Susu Lembang ini menurut Peltu Aris Santoso yaitu kali kedua setelah sidak oleh Satgas Citarum Harum Sektor 22 bersama Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bandung Barat yang didampingi aparat desa setempat. 


"Bagi pelaku industri ataupun perorangan Jika tidak menghiraukan peraturan perundang-undangan maka kami akan bertindak tegas dalam pembinaan," kata Aris. 


60menit.co.id | Peltu Aris sedang persiapqn menutup saluran limbahnya.


Pembinaan disini menurut Peltu Aris Santoso yaitu Satgas sektor 22 Citarum Harum selaku edukator bagi palaku industri dalam penentuan kondisi limbah. Artinya semua pelaku industri harus memiliki instalasi pengolahan air limbah (Ipal) yang benar yang bisa merestruktur limbah supaya sesuai bakumutu. 


"Kita selalu mengarahkan kepada semua pelaku industri.supaya memiliki Ipal untuk normalisasi kandungan limbahnya, jika memang belum maka hasil limbah tersebut jangan sampai dibuang ke saluran umum, harus disedot diambil oleh pihak ke 3 atau PDAM untuk diolah," imbuh Aris. 


60menit.co.id | Pasca di Cor area pembuangan limbah di tutup polis line.


Aksi penutupan saluran limbah Bolu Susu Lembang ini Perlu Aris Santoso dibarengi oleh pihak DLH KBB, Aparat Desa Kahuripan, PasiOps 22, Bamin 22 Serma Agung Setia, Dansub 08/22 Serma Dodi Candra dan staf BaOps Sektor 22 berikut anggota.


Edi Kusiono, pemilik usaha Bolu Susu Lembang mengatakan, dirinya akan mengikuti saran dari Satgas Citarum Harum Sektor 22, usahanya akan berjalan terus dan limbahnya akan diangkut ole PDAM. 


60menit.co.id | Penutupan Saluran dihadiri oleh pihak pemerintah setempat.


"Produksi akan tetap berjalan walau dikurangi, namun limbah tidak akan dibuang ke saluran umum tetapi akan diangkut oleh pihak PDAM, supaya aman tanpa mencemari lingkungan," kata Edi.


Peltu Aris Santoso menambahkan, setelah saluran air limbahnya ditutup oleh coran, maka air limbah tersebut disedot sementara dimasukkan ke toren dengan kapasitas 5.000 liter dan tidak menghentikan usahanya.


"Selanjutnya melibatkan pihak ke 3 dari PDAM untuk melakukan pengambilan air limbah tersebut secara rutin, sebelum produsen Bolu Susu Lembang ini memiliki Ipalnya," ujar Aris. 


(zho)