Senator Lily Salurapa, Desak Pemerintah Jadikan Toraja Warisan Budaya Dunia
-->

Advertisement Adsense

Senator Lily Salurapa, Desak Pemerintah Jadikan Toraja Warisan Budaya Dunia

60 MENIT
Kamis, 09 Februari 2023

Senator Lily Amelia Salurapa, SE, MM.


60MENIT.co.id, Jakarta | Pemerintah terus membenahi Cagar Budaya di Indonesia. Dari cagar budaya ini, terdapat sejumlah suku dan adat budaya diusulkan menjadi warisan dunia (world heritage) melalui UNESCO (United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization), sebuah Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa. 


Salah satu yang diajukan adalah Toraja dengan budayanya. Sayangnya, usulan ini sudah berlangsung lama, yakni sejak 2005. Karena prosesnya lama, Anggota DPD RI atau Senator dari Dapil Sulawesi Selatan, Lily Amelia Salurapa, SE, MM, mendesak pemerintah agar dilakukan percepatan khususnya untuk Toraja. Pasalnya, Bali yang juga diajukan bersamaan dengan Toraja, sudah terealisasi menjadi warisan dunia. 


Hal ini dilontarkan Senator Lily Salurapa, di sela Rapat Komite III DPD RI tentang Finalisasi Pengawasan atas UU No. 11 tahun 2020, di Hotel Pullman Central Park, Jakarta, Senin (6/2). Rapat yang dipimpin Ketua III DPD RI Hasan Basri ini diikuti Anggota Komite III dari 32 Provinsi. 


Senator Lily Amelia Salurapa, dalam Rapat Komite III DPD RI tentang Finalisasi Pengawasan atas UU No. 11 tahun 2020


"Saya ingin menyampaikan bahwa cagar budaya yang telah diusulkan menjadi warisan dunia (UNESCO) khususnya pemukiman Budaya Toraja sejak tahun 2005 sudah diajukan, bahkan bersamaan dengan Bali pengajuannya. Namun Bali sudah lebih dulu ditetapkan menjadi warisan dunia oleh UNESCO sedang Toraja sampai saat ini proses pengajuannya baru masuk sebagai  nominasi warisan dunia. Ini lama sekali 2005 hingga sekarang statusnya masih nominasi saja, maka perlu upaya akselerasi khusus untuk mempercepat proses tersebut," ujar Senator Lily.


Menurut Srikandi Sulsel ini, hal ini penting didorong bahkan didesak percepatannya. "Komite III DPD RI, perlu mendesak agar Kementerian dan Lembaga terkait dapat segera memproses objek cagar budaya di seluruh Indonesia seperti Toraja ini segera ditetapkan oleh UNESCO sebagai warisan dunia, sehingga perlindungan dan pengelolaannya dapat didukung oleh dunia internasional," timpalnya.


Senator Lily menegaskan, DPD RI mendorong dan mendesak Pemerintah melakukan upaya strategis dalam percepatan status objek cagar budaya di Indonesia menjadi Warisan Dunia oleh UNESCO. (anto)